Senin, 23 Juli 2018

WORKSPACE MS.EXCEL 2007 Disertai Contoh dan Soal Latihan




Workspace adalah kumpulan dari beberapa Workbook (File). Jadi didalam 1 Workspace terdiri dari beberapa Workbook (File), sehingga pada saat anda membuka Workspace maka secara otomatis  Workbook-Workbook didalamya juga ikut terbuka.
Sebelum lanjut ke materi, terlebih dahulu anda harus mengerti apa ituWorksheet dan Workbook, yang penulis ulas pada artikel yang lalu.              
            Workspace ini banyak digunakan ketika Workbook-Worbook (Kumpulan File) anda, memiliki link yang saling berkaitan satu dengan yang lainya, sehingga untuk mempermudah,  beberapa Workbook tersebut dikumpulkan dalam 1 Workspace.     Misalnya anda punya 3 Workbook, dimana didalamnya memiliki rumus-rumus excel yang saling berkaitan antar Workbook tersebut, maka akan lebih mudah bila anda bekerja dengan menggunakan Workspace ini.
 
Contoh Soal:
1.       File bernama: Pendapatan 2017, seperti pada gambar:




2.      File bernama: Pendapatan 2018, seperti pada gambar:



3.      File bernama: Rekapitulasi Pendapatan,  seperti pada gambar:


Rekapitulasi pendapatan = Pendapatan 2017 + Pendapatan 2018
Dari ketiga File diatas, anda bisa membuat Workspace dengan cara:
  •  Pilih View pada ribbon atas, kemudian klik Arrange All,  pilih Vertical maka akan nampak seperti pada gambar dibawah ini

·       ·         Pada File Rekapitulasi, di kolom Jumlah (B4), anda masukan:
= (klik B4 pada File Pendapatan 2017) + (klik B4 pada File Pendapatan 2018)
Akan nampak seperti pada gambar dibawah ini
  

  • Pada File Rekapitulasi, kolom Jumlah (B4) muncul Rumus:
 ='[PENDAPATAN2017.xlsx] Sheet1'!$B$4+'[PENDAPATAN 2018.xlsx] Sheet1'!$B$4 

Keterangan:
a.       '[PENDAPATAN 2017.xlsx] Sheet1'! adalah nama File pada Sheet 1
b.      $B$4 adalah alamat sel
c.       '[PENDAPATAN 2018.xlsx]Sheet1' adalah nama File pada Sheet 1
d.      $B$4 adalah alamat sel

Dari rumus diatas Anda rubah alamat sel $B$4 dengan B4 (dari alamat sel absolut ke alamat sel relatif),  kemudian tekan Enter, setelah itu anda copy kebawah maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:


Setelah selesai, anda bisa menyimpan Workspace dengan cara: Klik View (pada ribbon atas), kemudian klik Save Workspace (pada menu bar), seperti pada gambar dibawah ini
           


Anda bisa juga melihat video tutorial W orkspacedari contoh diatas di youtube. Klik video dibawah ini:



Demikianlah contoh sederhana penggunaan Workspace, bila anda merubah kolom jumlah, pada file Pendapatan 2017 dan file pendapatan 2018 maka secara otomatis kolom jumlah pada file Rekapitulasi akan menyesuaikan. Adanya Workspace ini sangat memudahkan kita dalam bekerja dengan beberapa Workbook yang saling memiliki link, lebih praktis dan efisien.

Sekian, terimakasih ..... *By Muji Yamianto




LATIHAN  SOAL

1.   Buatlah 4 buah Workbook, dengan nama: Gaji, Gaji 1, Gaji 2 dan Rekap Gaji  seperti pada gambar dibawah    ini
                                                                                   Gaji



Gaji 1


Gaji 2


Rekap Gaji


                       Berdasarkan gambar diatas, buat Workspace seperti nampak pada gambar dibawah ini

  
Hitunglah kolom Rekapitulasi gaji

      Penyelesaian dari soal Workspace diatas bisa anda lihat lewat kanal youtube. Klik video dibawah:





2.      Buatlah 3 Workbook dengan nama: Tabel gaji, Daftar gaji, Total penerimaan. Kemudian 3 Workbook tersebut, anda tampilkan dalam  satu  layar monitor, seperti pada gambar dibawah ini


a. Isilah kolom: bagian, gaji pokok,tunjangan dengan menggunakan Vlookup, berdasarkan tabel gaji
b.      Kolom PPH = (Gaji pokok + Tunjangan) x 10%
c.       Kolom Gaji bersih = (Gaji pokok + Tunjangan) – PPH
               

    Cara penyelesaian dari soal diatas, bisa anda lihat pada kanal youtube. Klik videonya disini:





3. Buatlah 3 Workbook dengan nama: Tabel kamar, Ruang, Pengeluaran. Kemudian 3 Workbook tersebut, anda tampilkan dalam  satu  layar monitor, seperti pada gambar dibawah ini


a. Isilah kolom: Kelas, Ruang dengan menggunakan fungsi Vlookup berdasarkan tabel kamar
b.    Lama inap =  Tanggal check out – Tanggal check in
c.   Kolom Total bayar diisi menggunakan Vlookup berdasarkan tabel kamar, dikalikan dengan Lama inap

       Kunci jawaban dari soal diatas, bisa anda lihat pada kanal youtube. Klik video dibawah:



 




            Pelajari juga artikel kami lainnya:


 

Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda  download  di:Google Playstore  pilih menu: Apps 
Pada Search Engine ketik: 










Informasi lengkap soal-soalnya, anda klik link dibawah ini:
https://mujiyamianto.blogspot.com/2020/03/penjualan-soal-soal-latihan-excel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar