Jumat, 05 Juni 2020

FITUR TRANSPOSE




Berbicara tentang Excel, tentu kita tidak terlepas dari penggunaan tabel. Secara garis besar tabel di dalam excel memiliki 2 bentuk yaitu tabel yang berbentuk vertikal dan horizontal.            Misalkan kita sedang membuat tabel berbentuk vertikal, saat itulah kita baru sadar bahwa akan lebih efektif jika tabel tersebut berbentuk horizontal. Ataupun sebaliknya ketika kita membuat tabel yang berbentuk horizontal dalam keadaan tertentu kita ingin merubahnya menjadi tabel yang berbentuk vertikal.

Tentu saja bila kita menghapus tabel tersebut, kemudian kita buat tabel yang baru akan memakan waktu yang lama, sama sekali tidak efisien dan efektif.

Karena itu disini penulis perkenalkan sebuah fitur yang terdapat di dalam MS. Excel yaitu fitur TRANSPOSE. Fitur TRANSPOSE digunakan untuk merubah bentuk tabel yang awalnya berbentuk vertikal menjadi tabel yang berbentuk horizontal, ataupun sebaliknya yang awalnya berbentuk horizontal dirubah kedalam bentuk vertikal secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya, anda perhatikan gambar tabel dibawah ini:



       Gambar diatas merupakan tabel yang berbentuk vertikal (kolom-kolomnya memanjang ke bawah). Disini penulis akan merubah bentuk tabelnya menjadi horizontal dengan menggunakan fitur Transpose, caranya:
1.      Blok seluruh tabel, dimulai dari Kolom Nama (sel D6) sampai dengan sel I17




2.      Klik Copy, kemudian pindahkan kursor ke sel yang kosong tempat dimana tabel baru akan dibuat (misalkan saya pindah di sel K6)



  
3.      Klik Paste >> pilih Transpose




Maka tabelnya akan berubah berbentuk horizontal, seperti gambar berikut:




Demikian penjelasan secara singkat penggunaan Fungsi Transpose. Untuk memahaminya silahkan anda lihat video tutorialnya pada kanal youtube kami. Klik video dibawah ini:







Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda  download  di: Google Playstore  pilih menu: Apps
Pada Search Engine ketik:









Informasi lengkap soal-soalnya, silahkan anda klik link dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar