Kamis, 18 Juni 2020

PENGGUNAAN FUNGSI ISPMT


        
             Fungsi ISPMT digunakan untuk mencari besarnya bunga pinjaman dalam suatu periode tertentu. Ada beberapa point mendasar atau bisa pula dikatakan ciri khas dari Fungsi ISPMT ini:

1. Periode angsuran selalu dimulai dari periode ke 0. Jadi tidak dimulai dari periode 1.
2.  Angsuran pokok, nilainya selalu sama tiap periodenya.

Kedua point diatas, merupakan kesimpulan dari penulis tentang penggunaan fungsi ini. Saya sendiri sebenarnya juga masih ambigu berkaitan dengan penggunaan fungsi ini. Fungsi ISPMT ini sangat mirip dengan Fungsi IPMT: memiliki kegunaan yang sama yaitu mencari besarnya bunga tiap periode (periode ke n),  memiliki rumus yang hampir sama, bahkan penerapan di dalam tabel simulasinya pun juga hampir sama. Namun hasil akhir/ jawaban dari kedua fungsi ini berbeda.
Apa itu Fungsi IPMT tidak akan saya jelaskan dalam artikel ini, karena sudah saya jelaskan di artikel saya terdahulu. Anda bisa mempelajarinya di Beberapa penggunaan fungsi keuangan.


RUMUS ISPMT
=ISPMT (Rate; Per; NPer; -PV)
Keterangan:
a.       Rate    : besarnya suku bunga.
b.      Per      : periode ke-n dari besarnya bunga yang akan dicari nilainya.
c.       NPer   : merupakan total periode
d.      -PV (Present Value): nilai asset/pinjaman saat ini. Jangan lupa anda masukan tanda negatif ( - ) di depan nilai PV agar jawaban anda nanti bernilai positif.


Contoh soal:
Yamianto meminjam uang di Bank sebesar 100.000.000  Akan diangsur selama 5 tahun, sebesar 20 juta per tahun. Suku bunganya sebesar 6% per tahun. Berapakah besarnya bunga yang harus dibayar pada periode ke 3?

ispmt

Pada tabel simulasi gambar diatas, perhitungan ISPMT dimulai dari periode 0 sampai 4. Tetapi di dalam realitanya, tentu saja tidak angsuran yang dibayar pada periode ke 0. Jadi periode ke 0 dianggap sebagai angsuran ke 1 dan periode ke 4 dianggap  sebagai angsuran ke 5 (sesuai dengan NPer).


Untuk memahami penjelasan saya diatas, anda bisa melihat video tutorialnya ISPMT melalui kanal youtube. Klik video dibawah ini:


Semoga penjelasan singkat penggunaan fungsi ISPMT ini bisa menambah pengetahuan anda. Seperti biasa, penulis berikan soal sederhana penggunaan fungsi ISPMT ini untuk anda praktekan. *By Muji Yamianto




LATIHAN  SOAL

1.      Seseorang meminjam uang ke rentenir sebesar 24.000.000 Dia akan melunasinya selama 1 tahun. Angsuranya dibayar 2.000.000 per bulan. Bunga selama 1 tahun sebesar 20%. Berapa besarnya bunga pada periode ke 5? Buatkan Tabel simulasinya!
        
        
    Kunci jawaban dari soal ISPMT diatas, dapat anda lihat pada kanal Youtube dibawah ini:

        
2.      Muji akan mengambil kredit selama 7 tahun, sebesar 100.000.000. Suku bunga pinjaman sebesar 13% per tahun. Berapa besarnya bunga periode ke 5? Buatkan tabel simulasinya!


Kunci jawaban dari soal diatas, dapat anda lihat pada kanal Youtube dibawah ini:




Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda  download  di: Google Playstore  pilih menu: Apps
Pada Search Engine ketik:
  


Informasi lengkap soal-soalnya, silahkan anda klik link dibawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar