Selasa, 17 Juni 2025

FITUR EXCEL: ARRANGE ALL (Membuka Beberapa File Sekaligus) Disertai LATIHAN SOAL

 

    Fitur Arrange All di MS.Excel digunakan untuk menampilkan beberapa file / workbook dalam satu layar monitor sekaligus. Tujuannya adalah untuk mempermudah apabila kita ingin mengedit, menyunting atau menganalisa  beberapa file secara bersamaan. Biasanya file-file tersebut saling memiliki keterkaitan rumus/ formula.

          Menu Arrange All terletak di tollbar: View >> Window >> Arrange All 

          Dibawah ini, kami berikan contoh penggunaan fitur Arrange All. Ada 3 buah file / workbook yang ingin kami tampilkan kedalam 1 layar monitor.

1.    File bernama: Pendapatan 2017



2.   File bernama: Pendapatan 2018



3.   File bernama: Rekapitulasi Pendapatan 2017 – 2018


          Dengan adanya Arrange All, kita dapat menampilkan 3 file tersebut dalam 1 jendela window. Caranya: klik fitur View >> Arrange All >> Vertical  di menu toolbar. 



Maka akan nampak seperti pada gambar dibawah ini: 


          Berdasarkan gambar diatas, kita dapat menjumlahkan dengan mudah, data-data yang ada di file Pendapatan 2017 dengan data-data yang ada di file Pendapatan 2018 ke file Rekapitulasi Pendapatan 2017 – 2018. Sehingga akan diperoleh gambar seperti dibawah ini:


 

          Untuk lebih jelasnya penggunaan Fitur Arrange All ini, silahkan Anda lihat video tutorialnya di kanal Youtube penulis. Klik link dibawah ini:

https://youtu.be/zDoRYef4IlE 


Sekian artikel singkat dari kami, thanks .... *By Muji Yamianto

 

 

LATIHAN SOAL EXCEL 

 

1.           Buatlah 3 Workbook / Lembar Kerja dengan nama: Tabel gaji, Daftar gaji, Total penerimaan. Kemudian 3 Workbook tersebut, anda tampilkan dalam  satu  layar monitor, seperti pada gambar dibawah ini

 

Daftar Gaji 


Tabel Gaji

arrange all excel

Total Penerimaan

penggunaan arrange all excel

                Soal:

a.    Isilah kolom: bagian, gaji pokok,tunjangan dengan menggunakan Vlookup, berdasarkan tabel gaji

b.   Kolom PPH = (Gaji pokok + Tunjangan) x 10%

c.    Kolom Gaji bersih = (Gaji pokok + Tunjangan) – PPH

               

 

 

2.           Buatlah 3 Workbook / Lembar Kerja dengan nama: Tabel Lama Inap, Tabel Kelas/ Ruang, Tabel Nama Kamar. Kemudian 3 Workbook tersebut, anda tampilkan dalam  satu  layar monitor, seperti pada gambar dibawah ini

 

Tabel kelas/ruang

arrange all excel

 

Tabel Lama Inap

excel: antar lembar kerja


Tabel Nama Kamar


                 Soal:

a.  Isilah kolom: Kelas, Ruang dengan menggunakan fungsi Vlookup berdasarkan tabel nama kamar

b.  Lama inap =  Tanggal check out – Tanggal check in

c.  Kolom Total bayar diisi menggunakan Vlookup berdasarkan tabel kamar, dikalikan dengan Lama inap

 

        

Pelajari juga artikel kami yang lain:

1.   PenggunaanWorksheet dan Workbook

2.   Cara memproteksi Worksheet & Workbook

3.   RumusSumproduct

4.   LOGIKA IF disertai AND, OR   

5.  FORMULA XLOOKUP   

6.  FITUR TRANSPOSE 

 

 

Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda

Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog

Silahkan anda  download  di: Google Playstore  


Link Playstore: 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar