Fitur Sort &
Filter ini terletak di Ribbon HOME
>> Sort & Filter. Fitur ini digunakan untuk mengurutkan suatu
data, baik secara descending (dari atas kebawah) ataupun ascending (dari bawah
keatas).
Dibawah ini kami buatkan sebuah tabel
sederhana
Untuk membuat Sort & Filter dari
gambar diatas, langkah-langkahnya:
1. Non aktifkan fitur Merge & Center pada kolom: NO, JABATAN, GAJI POKOK sehingga judul kolomnya menjadi 2 baris.
2. Blok kolom-kolom di baris ke 6 (Sel B6 sampai G6).
3. Pilih Home >> Sort & Filter >> Filter. Akan muncul ikon Sort & Center di kolom-kolom tersebut.
4. Misalkan pada kolom JABATAN, Sort & Filter diaktifkan dengan mengurutkan berdasarkan abjad A-Z maka data-data di tabel akan berubah urutanya.
Pada kolom JABATAN, datanya berurutan dari A sampai Z.
Untuk mempermudah pemahaman Anda, video tutorial penggunaan Fitur
Sort & Filter diatas, bisa Anda lihat di kanal Youtube kami. Klik videonya
dibawah ini:
Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda download di: Google Playstore
Tidak ada komentar:
Posting Komentar