Rabu, 21 Mei 2025

SORT & FILTER DI EXCEL

 

    Fitur Sort & Filter ini terletak di Ribbon HOME >> Sort & Filter. Fitur ini digunakan untuk mengurutkan suatu data, baik secara descending (dari atas kebawah) ataupun ascending (dari bawah keatas). 

          Dibawah ini kami buatkan sebuah tabel sederhana 


          Untuk membuat Sort & Filter dari gambar diatas, langkah-langkahnya:

1.  Non aktifkan fitur Merge & Center pada kolom: NO, JABATAN, GAJI POKOK  sehingga judul kolomnya menjadi 2 baris. 


2.   Blok kolom-kolom di baris ke 6 (Sel B6 sampai G6).

3.   Pilih Home >> Sort & Filter >> Filter. Akan muncul ikon Sort & Center di kolom-kolom tersebut. 


4.   Misalkan pada kolom JABATAN, Sort & Filter diaktifkan dengan mengurutkan berdasarkan abjad A-Z maka data-data di tabel akan berubah urutanya. 


Pada kolom JABATAN, datanya berurutan dari A sampai Z.  *By Muji Yamianto

          

            Untuk mempermudah pemahaman Anda, video tutorial penggunaan Fitur Sort & Filter diatas, bisa Anda lihat di kanal Youtube kami. Klik videonya dibawah ini:

https://youtu.be/dhiRl2izXEA 

 

 

Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda

Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog

Silahkan anda  download  di: Google Playstore  


Link  Google Playstore: 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar