Fitur Print Area di excel digunakan untuk mencetak
lembar kerja berdasarkan area cetak yang telah kita tentukan. Kadangkala saat
kita ingin mencetak lembar kerja excel, kita ingin mencetak sebagian atau
bagian tertentu saja dari lembar kerja, sebagian lagi kita abaikan.
Maka
kita dapat menentukan area tertentu yang ingin kita cetak dengan menggunakan
Fitur Print Area. Lokasinya ada di menu Page
Layout >> Print Area.
Satu
lembar kerja, dapat memiliki beberapa Print Area / Area Cetak. Setiap area
cetak akan dicetak terpisah per halaman.
1. Set Print Area
Set Print
Area / Pengaturan area cetak dapat dilakukan dengan memblok satu atau beberapa
rentang sel secara berurutan. Hanya area sel yang Anda blok nantinya akan
dicetak.
Contoh: ada
sebuah print preview seperti gambar dibawah:
Misalkan kita ingin mencetak tabel utama (tabel yang
besar), maka Anda blog seluruh tabel utama, kemudian pada menu Page Layout >> Print Area, pilih Set Print Area.
Maka tampilan Print Previewnya seperti gambar
dibawah ini:
2. Add to Print Area
Dalam 1
lembar kerja, Anda juga dapat membuat beberapa Print Area. Caranya, tekan
tombol CTRL kemudian blok area sel yang Anda inginkan. Pada menu Page Layout >> Print Area, pilih Add to Print Area. Ulangi lagi untuk
membuatnya. Setiap Print Area yang Anda buat, akan dicetak per halaman.
Misalkan
Anda ingin mencetak 3 tabel, maka hasilnya, seperti gambar :
Halaman 1
Halaman 2
Halaman 3
3. Clear Print Area
Clear Print Area digunakan
untuk membersihkan area cetak. Jika dalam lembar kerja, terdapat beberapa print
area maka secara otomatis akan terhapus.
Video tutorial
dari penggunaan fitur Print Area dapat Anda lihat di kanal youtube penulis.
Klik link dibawah ini:
Sekian penjelasan singkat dari kami, thanks ... *By Muji Yamianto
Pelajari juga artikel kami lainya:
Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda.
Soal kami buat berdasarkan artikel yang saya tulis di
Blog.
Silahkan anda download di: Google Playstore
Tidak ada komentar:
Posting Komentar