Minggu, 06 Desember 2020

PENGGUNAAN FREEZE PANES


           
     Freeze  Panes digunakan untuk menampilkan heading (kolom atau baris) agar selalu terlihat di layar monitor saat kita melakukan scroll pada lembar kerja, baik itu scroll ke bawah ataupun kesamping kanan.
Adanya Freeze Panes ini, kita dengan mudah tetap bisa melihat: judul tabel, nama kolom (bila tebel berbentuk vertikal), nama baris (bila tabel berbentuk horizontal) saat kita menginput atau membaca data yang banyak. Fitur Freeze Panes memiliki tiga bentuk yaitu: Freeze Panes, Freeze Top Row, Freeze First Column.

       I.            Freeze Panes








Freeze Panes berfungsi untuk tetap menjaga agar baris dan kolom tetap nampak/ visible di layar monitor saat lembar kerja di scroll (digulung) ke bawah ataupun ke samping kanan. Perhatikan gambar dibawah ini:

             Dari gambar diatas, berikut langkah-langkah membuat Freeze Panes:
1.      Tempatkan pointer mouse pada sel C6
2.      Klik View >> pilih Freeze Panes.

3.      Maka Freeze Panes yang berada di sel C6 telah aktif.
4.      Coba anda scroll/ gulung lembar kerja kesebelah kanan sampai dengan kolom Pendidikan dan juga scroll ke bawah sampai dengan nama Donita. Akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Silahkan anda scroll lembar kerja anda ke kanan dan ke bawah untuk mempelajari prinsip dasar / cara kerja Freeze Panes ini.


    II.            Freeze Top Row
Freeze Top Row ini digunakan untuk menjaga tampilan baris pertama pada layar monitor agar selalu nampak saat menggulung/ scroll lembar kerja ke bawah.
Berikut langkah-langkah membuat Freeze Top Row:
1.      Klik View >> pilih Freeze Top Row.
                        Maka Freeze Top Row akan aktif pada baris pertama (baris no 1), sehingga judul tabel DAFTAR PENDUDUK DESA akan selalu nampak meskipun anda menggulung/ scroll lembar kerja ke bawah. Seperti gambar dibawah:




III.            Freeze First Column
Freeze First Column ini digunakan untuk menjaga tampilan kolom paling kiri selalu nampak saat menggulung/ scroll lembar kerja ke sebelah kanan.
Berikut langkah-langkah membuat Freeze First Column:
1.      Klik View >> pilih Freeze First Column.
            Maka Freeze First Column akan aktif pada kolom A, sehingga kolom NO akan selalu nampak meskipun anda menggulung/ scroll lembar kerja ke sebelah kanan. Seperti gambar dibawah:


            Kesimpulan:
            Berdasarkan pengalaman penulis, dari ketiga fitur tersebut maka Fitur Freeze Panes yang paling sering dipakai karena merupakan gabungan dari Freeze Top Row dan Freeze first Column. Jadi Fitur Freeze Panes sangat membantu kita dalam menggunakan MS. Excel, utamanya bagi anda yang bekerja di instansi pemerintah/ swasta.
            Agar lebih memahami uraian dari artikel diatas, anda bias melihat video tutorialnya melalui kanal youtube saya. Klik linknya dibawah ini:


Demikian penjelasan singkat tentang penggunaan Fitur Freeze panes dari penulis. Semoga bermanfaat untuk anda semua.
            Oh...iya untuk me-non aktifkan fitur ini, klik View kemudian pilih Unfreeze Panes maka lembar kerja anda akan normal lagi seperti semula.
Thanks...



Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda  download  di: Google Playstore  pilih menu: Apps
Pada Search Engine ketik: 


Informasi lengkap soal-soalnya, silahkan anda klik link dibawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar