Senin, 02 Desember 2019

PENGGUNAAN FUNGSI CONSOLIDATE (PENGGABUNGAN)




      Fungsi Consolidate dalam excel digunakan untuk menggabungkan serangkaian data dengan proses statistik. Data-data yang digabung, bisa berada dalam satu lembar kerja/worksheet, satu file/workbook dan bisa juga antar file/workbook. Data-data tersebut digabung  (Consolidate) ke dalam satu lembar kerja. Karena diproses secara statistik, misalnya: dijumlah, dikurangi, mencari rata-rata, nilai terbesar/ terkecil, standar deviasi dll maka datanya berupa angka.
            Penulis berikan contoh sederhana penggunaan fungsi Consolidate. Terdapat daftar nilai ujian 1, ujian 2 dan ujian3 seperti gambar dibawah ini:

Nilai Ujian 1


Nilai Ujian 2


Nilai Ujian 3

Dari ketiga gambar diatas, penulis akan menggabungkan (Consolidate) hasil nilai ujian 1, ujian 2 dan ujian 3 kedalam Worksheet baru dengan nama: Nilai Rata-Rata. Jadi kita akan mencari nilai rata-rata dari ke tiga hasil ujian dengan menggunakan Fungsi Consolidate. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.      Pada Worksheet Nilai Rata-Rata, letakan kursor pada Sel B4.
Pada Toolbar pilih Klik Data, kemudian Klik Consolidate. Maka akan muncul menu Consolidate, klik Function kemudian pilih Average. Seperti gambar dibawah:     


2.      Letakan kursor pada kotak Reference, kemudian:
a.       Klik Sheet Ujian 1 dan blok tabel, dimulai dari kolom nama ke bawah (lihat gambar).
b.      Setelah tabel diblok, tekan tombool Add (maka akan nampak seperti gambar di bawah)


3.      Ulangi langkah diatas, letakan kursor pada kolom Reference, kemudian pilih sheet Ujian 2 dan blok tabelnya. Lalu klik tombol Add, akan nampak seperti gambar dibawah ini.


4.      Ulangi langkah diatas, letakan kursor pada kolom Reference, kemudian pilih sheet Ujian 3 dan blok tabelnya. Lalu klik tombol Add, akan nampak seperti gambar dibawah ini.

            
             Pada Use labels in, centang:
a.         Top row (untuk menampilkan baris paling atas).
b.         Left column (untuk menampilkan kolom sebelah kiri).
c.         Create links to source data (membuat link ke tabel sumber data). Maksudnya bila data pada tabel sumber berubah, maka secara otomatis data pada tabel Consolidate akan berubah pula.
5.      Setelah selesai tekan Enter, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:


6.      Pada langkah ke 5 diatas,  Consolidate sudah selesai.
Pada gambar dibawah ini, bentuk tabel Consolidate sudah penulis setting sedemikian rupa untuk bentuk, warna dan angka desimalnya. Jadi pada tabel Consolidate ini, nilai dalam setiap mata pelajaran sudah berbentuk nilai rata-rata yang diperoleh setiap siswa.
                        Anda bisa melihat tabel secara lebih terperinci dengan meng-klik angka 2 (terletak di sebelah kiri atas).


       

        Untuk lebih memahami penjelasan diatas, penulis sertakan pula video tutorialnya pada kanal Youtube. Klik videonya disini:

  




Demikian secara singkat, langkah-langkah dalam penggunaan Fungsi Consolidate. Semoga bisa menambah wawasan anda. Bye...



Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda  download  di: Google Playstore  pilih menu: Apps 
Pada Search Engine ketik: 











Informasi lengkap soal-soalnya, silahkan anda klik link dibawah ini:

https://mujiyamianto.blogspot.com/2020/03/penjualan-soal-soal-latihan-excel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar