Jumat, 21 Desember 2018

Sel Absolut dan Sel Relatif


          

Alamat sel absolut dan alamat sel relatif, bagi anda yang sudah terbiasa bekerja dengan menggunakan Excel, kedua istilah tersebut sudah sangat familier. Nah... bagi anda yang masih awam dan baru belajar MS. Excel, penulis berikan gambaran sedikit tentang alamat sel absolut dan relatif.

          Saat kita selesai membuat rumus dalam suatu lembar kerja, sering kali kita menyalin atau mengcopy rumus tersebut kedalam baris/kolom lain sehingga rumus yang kita buat akan berubah posisi baris/ kolomnya mengikuti alamat selnya. Alamat sel yang berubah secara otomatis pada saat disalin/dicopy disebut Alamat sel relatif.

          Anda juga bisa menggunakan rumus dengan menggunakan Alamat sel absolut yaitu alamat yang selalu menunjuk sel yang sama kemana rumus itu disalin/dicopy. Caranya dengan menekan Tombol F4 pada keyboard anda atau mengetikan secara manual berupa tanda/simbol $ di depan sel Kolom/Baris. (Misalnya alamat sel $A$1 berarti kolom A absolut dan baris 1 absolut).

 Atau alamat campuran yakni barisnya saja yang absolut (misalnya sel A$1 berarti hanya baris 1 yang absolut) atau kolomnya saja yang absolut (misalnya sel $A1 berarti kolom A saja yang absolut).


Contoh soal:

1.      Sel Relatif


soal excel sel relatif

Dari gambar diatas, kita menggunakan sel relatif untuk mengisi kolom D2 dan anda tinggal meng-copy rumusnya  ke bawah. Tabelnya akan seperti gambar dibawah ini.







2.      Sel Absolut


soal excel


                Untuk mengisi kolom M gambar diatas, maka sel K1 (10) harus absolut agar saat anda meng-copy ke bawah, alamat selnya tidak berubah/tetap. Lihat gambar dibawah

soal excel


          Agar lebih jelas, anda juga bisa melihat video tutorial sel relatif dan sel absolut di youtube. Klik video dibawah ini:




     

           
Demikian gambaran sederhana penggunaan alamat sel absolut dan sel relatif. Saya berikan juga contoh latihan untuk Anda. Tq.... *By Muji Yamianto




SOAL LATIHAN

1.   Lengkapi kolom-kolom sesuai dengan perintahnya

soal excel sel relatif

 


2.       Lengkapi kolom-kolom sesuai dengan perintahnya

soal excel sel absolut

 



3.    Gunakan 1 rumus saja, untuk mengerjakan 100 kolom gambar dibawah. (Tulis rumus pada sel J3, kemudian copy kebawah dan kesamping sampai dengan sel S12).

Soal: Perkalian antara baris dan kolom.


soal excel



        Cara penyelesaian penggunaan sel relatif dan sel absolut di atas, dapat anda lihat di kanal Youtube penulis. Klik video / link di bawah ini:





Pelajari juga artikel lainnya:

·        Menghapus baris secara bersamaan

·        Print Area

·        Rumus IF Dengan AND, OR

·        Flash Fill

·        Ink Equation

·        Fitur Transpose


 

Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda

Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog

Silahkan anda  download  di: Google Playstore 

Caranya: 

Klik: Google Plystore di perangkat/ HP anda

Pilih menu: Apps/ Aplikasi (letaknya layar bawah)

Pada Search Engine ketik: 


Informasi lengkap soal-soalnya, silahkan anda klik link dibawah ini:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar