Senin, 24 November 2025

MENGHAPUS DATA TABEL YANG TIDAK BERURUTAN DI EXCEL

 

    Seringkali saat kita mengedit suatu tabel excel, mengalami kesulitan saat akan menghapus beberapa data yang sama  pada baris yang tidak berurutan. Contoh:


Misalkan, kita akan menghapus baris staff yang ada di kolom JABATAN secara bersamaan. Caranya:

   1.        Blok judul kolom pada baris A3:F3

   2.        Pada menu Home piliih Sort & Filter. Klik Filter

   3.        Muncul Filter pada kolom tabel

   4.        Klik filter pada kolom JABATAN, kemudian pilih STAFF. Klik OK

   5.        Secara otomatis tabel akan memunculkan data STAFF. Dan blok seluruh baris STAFF.  Kemudian hapus menggunakan Delete Sheet Rows

   6.        Klik menu Sort & Filter >> Clear

   7.        Akhirnya data STAFF akan terhapus dari tabel

 

     Demikian kami kira paparan singkatnya, thanks. *by muji yamianto 

 

     Video tutorial dari penggunaan Sort & Filter diatas, dapat Anda lihat pada kanal Youtube penuls. Klik link dibawah ini:

https://youtu.be/gTONJB5DOxU 



Pelajari artikel kami lainya:

  1. Pembuatan Grafik
  2. Date, Day, Month, Year disertai soal latihan
  3. Fungsi Left, Mid, Right disertai soal latihan
  4. IF dengan AND, OR + Soal latihan
  5. Insert Picture / Menyisipkan Gambar 


Kami juga menyediakan SOAL-SOAL LATIHAN EXCEL untuk anda.

Soal kami buat berdasarkan artikel yang saya tulis di Blog.

Silahkan anda Download di: Google Playstore

Caranya:

1.   Buka Google Playstore di perangkat android Anda (HP, Tablet, TV Android)

2.   Pada menu Telusur (Search) ketik:

3.   Download & Instal, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya

 

 

Video tutorial cara download / instal, Anda bisa mengklik link dibawah ini:

https://youtu.be/_PJ7WYoe-4U


 

 

Video tutorial cara download / instal, Anda bisa mengklik link dibawah ini:

https://youtube.com/shorts/Bq5yz-XsJYI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar