Kamis, 20 Juni 2019

Penggunaan Rentang Waktu




Maksud saya mengenai rentang waktu disini adalah menghitung mundur rentang waktu hari ini dengan tanggal kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat mendatang.
   Misalnya kita memiliki agenda atau kegiatan pada waktu yang akan datang, yang telah kita tentukan tanggalnya dan kita ingin mengetahui jarak waktu tersebut dengan waktu saat ini. Sederhananya jika dimulai hari ini, kurang berapa hari menuju tanggal agenda tersebut. Sering kita menyebutnya dengan istilah: hitung mundur (count down).
Kita bisa mengetahui rentang waktunya dengan mengurangkan tanggal agenda pelaksanaan dengan waktu saat ini. Caranya gunakan Fungsi TODAY. Fungsi TODAY digunakan untuk mengetahui hari/tanggal saat ini. 

Rumus:
=TODAY( ) 

Komputer anda akan menampilkan hari/tanggal saat ini secara otomatis. Saya berikan contoh sederhana dari penggunaan rentang waktu, dimana Sel E6 menggunakan fungsi =TODAY( )



            Dari gambar diatas kita bisa menghitung kolom rentang waktu (G9) dengan cara: Kolom hari/tanggal kegiatan (sel F9) dikurangi dengan Tanggal saat ini (sel E6). Sehingga rumusnya akan nampek seperti gambar dibawah ini:

rentang waktu


            Rumus diatas:
            =F9-$E$6&" Hari lagi"
Keterangan:
·         F9                             : Kolom hari, tanggal kegiatan
·         $E$6&" Hari lagi" : Kolom tanggal hari ini (E6). Tekan tombol F4 agar alamat      sel absolut (sehingga alamat selnya  $E$6). Sedang untuk menambahkan Text, bisa kita awali dengan menambahkan &. Jangan lupa, penulisan text selalu diawali dengan tanda petik (“).
Anda copy jawaban anda kebawah sehingga akan nampak seperti gambar dibawah:

rentang waktu


            Karena Tanggal (Sel E6) menggunakan Fungsi TODAY, maka tanggal tersebut akan berubah tiap hari, mengikuti tanggal pada sistem Komputer anda. Sehingga jawaban anda pada kolom Rentang Waktu juga akan berubah setiap hari. Dengan demikian anda bisa melihat jadwalnya secara Up to date.

Demikian penjelasan secara singkat penggunaan fungsi date untuk menghitung rentang waktu, sehingga anda bisa menyiapkan agenda anda dengan baik. *By Muji Yamianto

 

 

Pelajari juga artikel kami lainnya:






Kami juga menyediakan soal-soal latihan excel untuk anda
Soal meliputi semua materi/ artikel yang saya tulis di Blog
Silahkan anda  download  di: Google Playstore  pilih menu: Apps 
Pada Search Engine ketik:
  

Informasi lengkap soal-soalnya, silahkan anda klik link dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar